Cari Blog Ini

Powered By Blogger

Jumat, 14 Mei 2010

Pengaruh Internet Terhadap Gaya Hidup Mausia

Internet dan Gaya Hidup.
A. Pengertian Internet
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi.

B. Sejarah Singkat Internet
Sejarah internet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan "at" atau "pada". Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.
Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0

C. Internet dan gaya hidup.
Secara tidak langsung internet dapat mmempengaruhi gaya hidup manusia, hal ini dikarenakan internet mempunyai manfaat sebagai berikut:
a. Mencari informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial.
b. Mencari informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.
D. Pengaruh internet terhadap gaya hidup manusia
Statistik dari internetworldstats.com menunjukan Total Penduduk Asia hingga sept 2009 sebanyak 3,8 milyar jiwa atau sebanyak 56,3% dari Total Penduduk Dunia yang diperkirakan 6,7 milyar jiwa.
Kemudian total pengguna internet dunia diestimasi hingga September 2009 mencapai 1,7 milyar atau lebih dari 25% dari total penduduk di muka bumi ini, namun kontribusi pengguna internet Asia belum mencapai 50% dari total pengguna internet Dunia.
Internet secara tidak langsung banyak menarik perhatian masyarakat. Internet dapat memunculkan media-informasi dan komunikasi yang sangat efektif dan tidak terbatas ruang dan waktu. Salah satu situs internet yang sangat popular saat ini adalh program jaringan sosial face book.
Perkembangan facebook sungguh luar biasa. Pengguna di Indonesia terbesar nomor 7 di dunia terbesar selain dari Amerika Serikat dan negara-negara Eropa. Dikutip dari CheckFacebook.com Indonesia dikatakan telah memiliki 11,759,980 pengguna Facebook. Posisi Indonesia satu strip di bawah Italia yang memiliki 12.581.060 pengguna dan Jberada di posisi ke-6.
Amerika Serikat masih menjadi pemasok warga Facebook terbesar sejagad. Negeri Paman Sam itu tercatat memiliki 94.748.820 pengguna. Disusul Inggris di posisi kedua dengan 22.261.080 pengguna.
Sementara jika dilihat dari pertumbuhan tiap minggunya, Indonesia juga berhasil masuk 10 besar dalam daftar negara dengan memiliki pertumbuhan pengguna tercepat. Pada perhitungan terakhir misalnya, Indonesia berada di posisi ke-9 tercepat dengan presentase 6,84%.
Total pengguna Facebook sendiri saat ini sudah menembus angka 325 juta user di seluruh dunia. Melirik raihan tersebut, rasanya sulit bagi situs jejaring sosial lainnya untuk mengejar situs racikan Mark Zuckerberg itu.
Berikut adalah daftar negara dengan pengguna Facebook terbesar di dunia:
1. Amerika Serikat 94.748.820 (user)
2. Inggris 22.261.080
3. Turki 14.215.880
4. Prancis 13.396.760
5. Kanada 13.228.380
6. Italia 12.581.060
7. Indonesia 11.759.980
8. Spanyol 7.313.160
9. Australia 7.176.640
10. Filipina 6.991.040
Sumber : http://www.internetworldstats.com
Face book menjadi sebuah situs jaringan sosial yang sangat diminati di dunia bahkan telah mengalahkan situs jaringan sosial yang mendahuluinya yaitu Friendster. Manfaat facebook antara lain adalah sebagai sarana curhat, media untuk menemukkan seseorang yang telah lama lepas kontak, dan banyak lagi manfaat dari facebook. Namun dari segi negative, facebook juga dapat dijadikan sebuah sarana kejahatan da prostitusi didalamnya. Isu penculikan perdangan seks melalui media facebook mungkin pernah kita dengar.

E. Dampak Negatif Internet bagi Masyarakat Kota Besar
Ketergantungan pada internet mulai merambah kota-kota besar di Indonesia. Sayangnya tidak semuanya berdampak positif, bahkan sejauh ini pengguna internet lebih dominan melakukan kegiatan-kegiatan negatif. Untuk dapat mengambil tindakan yang tepat, sebelumnya perlu ada pengertian yang jelas dan praktis terhadap ketergantungan yang tidak sehat akan internet ini. Kecanduan pada dunia cyber terbagi dalam lima kategori.
1. Cybersexual addiction yaitu obsesi untuk melihat, men-download dan memperdagangkan pornografi. Chat rooms yang berisi fantasi dan role playing untuk dewasa juga termasuk dalam kategori ini.
2. Cyber-relational addiction adalah keterlibatan yang berlebihan pada hubungan yang terjalin melalui internet (seperti melalui chat room dan virtual affairs) sampai kehilangan kontak dengan hubungan-hubungan yang ada dalam dunia nyata.
3. Net gaming yaitu sejenis kecanduan karena judi, bermain game, berbelanja dan kegiatan jual beli saham melalui internet yang mengganggu pekerjaan dan/atau mengakibatkan terjadinya utang.
4. Information overload Karena menemukan informasi yang tidak habis-habisnya yang tersedia di internet, sejumlah orang rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengumpulkan dan mengorganisir berbagai informasi yang ada.
5. Computer addiction Riset menemukan bahwa beberapa organisasi mengalami dampak negatif sebagai akibat dari kecanduan akan games off-line (seperti Solitaire dan Tetris yang populer di dekade 1980-an lalu), yang memang rata-rata banyak di-install dalam komputer.
F. Dampak Positif Penggunaan Internet

Internet telah banyak membantu manusia dalam segala aspek kehidupan sehingga internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya internet apapun dapat kita lakukan baik positif maupun negative.
Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya.

1. Fungsi komunikasi Internet adalah alat komunikasi, kegunaan yang sangat penting dari internet adalah pertukaran pesan dengan menggunakan electronic mail (e-mail).
2. Fungsi Resource Sharing Dengan internet, kita dapat mencari dan mendownload software, data dan program dari ribuan titik distribusi di seluruh dunia.
3. Fungsi Resource Discovery Navigasi untuk mencari file tertentu, dokumen, host atau orang diantara jutaan host.
4. Fungsi Komunitas Masyarakat pengguna internet.



PENUTUP

3.1. Kesimpulan
Internet merupakan alat atau media komunikasi yang sangat berfungsi bagi manusia, terutama agar dapat berkomunikasi dengan manusia lainnya (pengguna internet lain). Internet telah banyak membantu manusia dalam segala aspek kehidupan sehingga internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya internet apapun dapat kita lakukan baik positif maupun negative.
Karena banyaknya manfaat yang diperoleh dalam menggunakan internet, maka internet dapat mempengaruhi gaya hidup manusia. Terutama dalam mencari informasi untuk berbagai keperluan kerja, profesi, pendidikan, atau bahkan sekedar rekreasi / hiburan semata.

3.2. Saran
Internet kini sangat berpengaruh erat terhadap kehidupan dan gaya hidup manusia. Karena fungsinya yang sangat canggih dalam memberikan beberapa informasi kepada setiap penggunanya.
Oleh sebab itu, selain berdampak positif internet juga memiliki dampak negative pula bagi penggunanya. Dengan demikian, hendaknya penggunaan internet harus dibatasi dan sesuai kebutuhan penting saja. Misalnya dalam urusan pekerjaan, pendidikan, atau rekreasi maupun hiburan yang sifatnya mendidik. Agar pengaruh-pengaruh atau dampak negative yang dapat merugikan dari penggunaan internet tidak begitu mempengaruhi kita dalam keseharian.


DAFTAR PUSTAKA
http://pribadimengenalmu.blogspot.com/2010/01/tugas-1-pengaruh-internet-bagi-gaya.html
http://www.internetworldstats.com
http://www.wonosari.com/komputer-f38/perkembangan-internet-di-indonesia-t3837.htm

Tidak ada komentar: